Penyesuaian Pembelian Kelapa Sambu Group

Dunia saat ini sedang mengalami krisis ekonomi yang cukup parah. Belum selesai krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, saat ini kita dihadapkan pada krisis pangan dan energi karena perang antara Rusia dan Ukraina. Dan krisis yang terjadi saat ini belum sampai puncaknya. Karena belum ada gejala ekonomi dunia sedang membaik.

Krisis tersebut di atas berdampak langsung kepada industri kelapa baik di Indonesia maupun di dunia. Menyikapi hal tersebut, Manajemen Sambu Group mengeluarkan Surat Pemberitahuan yang ditandatangani oleh pimpinan pabrik dan Humas, pada tanggal 26 September 2022.

Penyesuaian Pembelian Kelapa Sambu Group

Seperti yang diketahui bersama, dan telah diberitakan di banyak media, industri kelapa dunia sedang sangat terdampak krisis global tersebut. Kondisi pasar produk-produk kelapa di dunia saat ini tengah mengalami penurunan permintaan, meski harga jual produk diturunkan di bawah harga pasar pun, belum tentu akan laku. Karena penyebab utamanya adalah minimnya permintaan/penjualan dan kebutuhan terhadap produk tersebut. Penyebab lainnya adalah tingginya tingkat persediaan di lingkup negara-negara konsumen produk-produk tersebut. Sehingga, meski saat ini harga kelapa sudah turun, permintaan impor terhadap produk-produk tersebut dari negara lain masih tetap rendah.

“Negara produsen dan pelaku industri kelapa sangat terdampak dengan krisis global saat ini. Karena harga kelapa dan produk turunan kelapa turun terus di pasar akibat minimnya permintaan/penjualan dan krisis ekonomi dunia. Industri kelapa kesulitan menjual produk turunan kelapa,” tutur A Ginting, Humas Sambu Group.

Dalam Surat Pemberitahuan dengan Nomor: 005/SG/22/A2.2/DA/GM-HS tersebut, disampaikan bahwa telah terjadi penumpukan produk turunan kelapa (barang olahan) di gudang perusahaan akibat menurunnya permintaan/penjualan baik pasar domestik maupun pasar global. Hal ini tentu dibutuhkan penyesuaian kecepatan proses produksi. Dengan penyesuaian kecepatan produksi, maka diperlukan penyesuaian terhadap kecepatan penyerapan jumlah kebutuhan atas semua bahan baku, termasuk kelapa.

“Perusahaan akan melakukan penyesuaian terkait kecepatan pembongkaran kelapa sesuai dengana kecepatan proses produksi dan permintaan pasar. Penyesuaian yang dimaksud sangat tergantung pada perkembangan situasi pasar. Jika kondisi ekonomi dan situasi pasar masih belum membaik, perusahaan akan melakukan penyesuaian kembali,” ujar A Ginting.

“Perusahaan akan mengupayakan yang terbaik untuk menerima penjualan dan menyerap kelapa, sesuai dengan kebutuhan untuk produksi, serta terdapat permintaan pasar,” tandas A Ginting.

Sambu Group menyadari peran penting kelapa terhadap kondisi ekonomi daerah Indragiri Hilir. Sehingga membutuhkan pentingnya kerjasama semua pihak dalam menghadapi serta mencari solusi terhadap dampak gejolak situasi global.

“Semoga gejolak global segera mereda dan kita semua bisa melewati krisis yang melanda Indonesia dan dunia. Sekaligus bersama menjaga keberlangsungan ekosistem kelapa di Indragiri Hilir dan Indonesia,” tutup A Ginting.

Dukung Promosi Produk Indonesia ke Mancanegara: Sambu Group Turut Berpartisipasi dalam Permanent Trade Exhibition

Gambar 1

Gambar 1: Foto Bersama Perwakilan Peserta Pameran dengan Perwakilan Kedubes dari Irak, Yaman dan Somalia serta Kementerian Perdangan Republik Indonesia

Sambu Group turut berpartisipasi dalam Permanent Trade Exhibition yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. KARA sebagai merek dagang dari Sambu Group akan terlibat dalam pameran ini selama 1 bulan penuh mulai dari tanggal 22 September 2022 di Ruang Permanent Trade Exhibition yang bertempat di Gedung Utama Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat. Selain Sambu Group, terdapat 159 peserta lain yang juga mengikuti kegiatan ini sebagai ajang promosi produknya kepada komunitas internasional. Produk yang ditampilkan pun beragam, mulai dari produk makanan, kesehatan, kecantikan, sandang, dlsb.

Selain pameran, Kementerian Perdagangan RI juga memfasilitasi peserta dalam kegiatan Business Reception bersama Kedubes Asing di Indonesia yang dilangsungkan pada Kamis, 22 September 2022

dimulai pukul 10.00 WIB di ruang Permanent Trade Exhibition. Adapun kegiatan ini dimaksudkan untuk mempertemukan peserta dengan economic/trade affairs dalam rangka audensi sekaligus mempromosikan produk perusahaan. Merupakan suatu kehormatan bagi Sambu Group karena terpilih menjadi salah satu presenter dari 4 perusahaan yang hari ini turut tampil di hadapan para perwakilan Kedutaan Besar serta tim dari Kementerian Perdagangan.

Gambar2

Gambar 2:  Produk KARA dalam Permanent Trade Exhibition

Di hadapan perwakilan Kedutaan Besar Irak, Yaman dan Somalia serta hadirin sekalian, Sambu Group mengawali presentasi dengan bercerita singkat seputar sejarah Sambu Group sebagai industri pengelolaan kelapa terpadu di Indonesia melalui tayangan video Sambu Story. “Di usianya yang ke-54, Sambu Group telah menghasilkan produk-produk olahan kelapa terbaik Indonesia hingga telah diekspor ke lebih dari 55 negara,” ujar Dwianto Arif Wibowo selaku Corporate Communication Manager Sambu Group. “Sebuah kebanggan tersendiri bagi kami bahwa KARA telah dikenal luas ke segala penjuru dunia. Mulai dari produk coconut cream, coconut milk, coconut water, coconut milk drink hingga coconut oil,” lanjutnya.

Delivering Indonesia’s Coconut to the World. Begitulah tagline dari KARA yang sangat sesuai dengan realita yang ada. “Dari banyaknya ragam produk olahan kelapa yang kami ekspor ke mancanegara, bahan baku kelapa yang kami olah merupakan kelapa dari para petani Indonesia, khususnya para petani kelapa Indiragiri Hilir, Riau. Maka dari itu, kami bertekad akan terus berinovasi dan senantiasa menjaga kualitas produk untuk meneruskan tradisi untuk mengantarkan kebaiakan kelapa Indonesia ke seluruh penjuru dunia melalui KARA,” tutup Arif.

Turut hadir Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Bapak Marolop Nainggolan yang sangat mendukung keberadaan perusahaan yang memiliki potensi ekspor, tak terkecuali Sambu Group. Setelah pemaparan selesai. Kegiatan dilajutkan dengan tanya jawab baik dari perwakilan Kementerian Perdangan maupun perwakilan dari Kementerian Perdagangan RI kepada Sambu Group. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari 4 perusahaan lainnya. Seletah kurang lebih 2 jam kegiatan berangsung, acara kemudian ditutup dengan foto bersama, Sambu Group mengapresiasi penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdangan yang penuh akan manfaat terutama untuk  mendukung promosi produk Indonesia ke mancegara. Besar harapan Sambu Group, kegiatan yang seperti ini kian aktif digalakkan kedepannya. Maju terus produk Indonesia di pasar global!

 

 

 

 

Sambu Group Membagikan 600 Lembar Bendera Merah Putih

 Sambu Group Membagikan 600 Lembar Bendera Merah Putih

Sebagai peran aktif Sambu Group dalam menyemarakkan HUT RI ke-77 , maka pada hari ini Selasa 09 Agustus 2022 Sambu Group membagikan 600 lembar bendera merah putih kepada masyarakat melalui Camat di Kec. Kateman, Kec. Tanah Merah dan Kec. Pulau Burung.

Dalam kesempatan tersebut para Camat menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Sambu Group yang telah turut serta dalam gerakan pembagian bendera merah putih yang digagas oleh Kemendagri melalui Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia.

Mewakili Sambu Group, Ahlim Ginting menyampaikan bahwa melalui pembagian bendera merah putih ini diharapkan masyarakat yang selama ini belum mengibarkan bendera dapat tergugah hatinya untuk turut serta mengibarkan bendera merah putih selama bulan kemerdekaan ini. “Pengibaran bendera merah putih ini juga diharapkan dapat menggugah rasa cinta Tanah Air dan meningkatkan semangat nasionalisme, karena Bendera Merah Putih merupakan bagian identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa” lanjut beliau.

“Bendera merah putih merupakan perekat anak bangsa, bendera yang sakral yang membedakan kita sebagai bangsa yang berdaulat dengan bangsa lain” tutup Ahlim Ginting.

Sambu Group Kembali Berbagi Daging Kurban di Jakarta Utara

Sambu Group Kembali Berbagi Daging Kurban di Jakarta Utara 2022

Rangkaian Idul Adha 1443 H, Sambu Group lewat PT Pulau Sambu di Jakarta didukung oleh Yayasan Bahtera DwipaAbadi, melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 21 ekor kambing, pada Senin, 11 Juli 2022. Selain ke warga sekitar lokasi usaha di Kelurahan Penjaringan, daging kurban juga didistribusikan untuk Jamaah Masjid Jami’ Rahmatul Ummah, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Ditengah maraknya isu terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, perusahaan juga sangat ketat dalam pemilihan kurban. Setiap hewan kurban yang dipilih dari peternak harus mempunya surat keterangan kesehatan hewan, dan dicek menyeluruh oleh dinas peternakan setempat. Sehingga aman untuk dikonsumsi dan ternak yang disalurkan dalam kondisi sehat” jelas Dwianto Arif W, Corporate Communication Manager Sambu Group.
Tak hanya daging kurban, Sambu Group juga membagikan 2 buah KARA Santan 200 ml dalam setiap paket daging kurban yang didistribusikan. “Sajian Hari Raya Idul Adha itu identik dengan makanan bersantan. Dengan pembagian KARA Santan, diharapkan bisa memudahkan penerima daging kurban untuk mengolah masakan. Sehingga tidak perlu repot lagi untuk mencari santan. Selain itu, di hari bahagia ini, kami ingin berbagi dengan masyarakat untuk mengolah masakan bersantan, dengan produk yang selalu menjaga kemurnian santan,”tambah Dwianto Arif.

“Sebelumnya Sambu Group telah menyalurkan sejumlah hewan kurban di 3 wilayah operasional perusahaan yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Baik di Kecamatan Pulau Burung, Kecamatan Kateman, dan Kecamatan Tanah Merah. Perlu diketahui bahwa pembagian daging kurban ini sudah menjadi tradisi di setiap tahunnya. Hal ini sebagai bentuk nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat,” tutur Dwianto Arif.
Selain bertujuan merayakan Hari Raya Idul Adha, penyaluran hewan kurban ini sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk dapat selalu berkontribusi kepada masyarakat sekitar wilayah operasional. “Sambu Group berharap dengan kegiatan ini dapat membawa keberkahan bagi semua dan bermanfaat bagi masyarakat Penjaringan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443H!,” tutup Dwianto Arif.

Sambu Group Dukung MTQ ke-52 Indragiri Hilir di Kuala Enok

Sambu Group dukung MTQ Inhil 2022 di Kuala Enok

Sambu Group menyambut baik kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-52 tahun 2022 tingkat Kabupaten Indragiri Hilir yang diadakan dari tanggal 22-26 Juni 2022. Hal ini karena nilai-nilai positif yang terkandung dalam penyelenggaraan MTQ. Yakni sebagai salah satu bentuk syiar islam yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi umat untuk senantiasa membaca, memahami serta mengamalkan isi kandungan Kitab Suci Al-Qur’an.

Sambu Group memberikan komitmen dan dukungan penuh demi suksesnya kegiatan MTQ di Kuala Enok ini. Terlebih dengan tema yang diusung sangat relevan dengan situasi saat ini yaitu, ”Melalui MTQ Ke-52 Tingkat Kabupaten Indragiri Hilir, Kita Tingkatkan Minat Baca dan Pemahaman Al-Qur’an Dalam Mewujudkan Umat Yang Sehat dan Ekonomi Yang Kuat.” 

Selama kegiatan berlangsung, Sambu Group juga turut memeriahkan dengan membuka booth di area bazzar. Ragam produk olahan kelapa KARA dipamerkan untuk memperlihatkan ke pengunjung tentang kekayaan produk olahan kelapa Indonesia. Selain memberikan edukasi kepada pengunjung yang datang di booth terkait ragam produk KARA, Sambu Group juga melakukan penjualan KARA Minyak Goreng Kelapa dengan penawaran spesial selama bazzar berlangsung.

Merupakan suatu kehormatan bahwa di tahun 2022 ini Kecamatan Tanah Merah menjadi tuan rumah untuk kegiatan MTQ yang ke-52. Sudah menjadi tanggung jawab bersama, termasuk Sambu Group yang salah satu lokasi usahanya berada di kecamatan Tanah Merah untuk terlibat demi  suksesnya kegiatan ini. “Lingkungan sekitar merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam perjalanan Sambu Group. Dukungan penuh dari kami dalam kegiatan MTQ tahun ini merupakan suatu bentuk komitmen Sambu Group untuk dapat memberikan kontribusinya kepada masyarakat sekitar,” ujar Uddin S selaku Humas PT Pulau Sambu di Kuala Enok.

Sudah menjadi komitmen dari Sambu Group untuk senantiasa membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. “Besar harapan kami keterlibatan Sambu Group dalam kegiatan MTQ yang ke-52 ini dapat membawa manfaat bagi semua pihak. Semoga kegiatan MTQ yang ke-52 ini berjalan dengan lancar dan sukses sesuai harapan kita bersama,” tutup Uddin. 

Halaman 1 dari 12

 

Sambu Group

Jalan Rawa Bebek No.26
Gedong Panjang, Jakarta Utara
[email protected]
021 6603926, 6604026
WhatsApp : 0812 8080 8095

 

 

 

TEMUKAN KAMI
210 209 max  
   
 

 

 

Copyright © 2020 Sambu Group
Template by Engine Templates